Palembang Kota Observer U20 Mayors Summit

By Administrator 30 Agu 2022, 15:24:06 WIB Pemkot Palembang
Palembang Kota Observer U20 Mayors Summit

Sejumlah fraksi di DPRD Kota Palembang menyoroti distribusi air bersih oleh PDAM Tirta Kota Palembang menjadi salah satu delegasi dari 15 kota observer atau pengamat pada Urban 20 atau U20 Mayors Summit. 

Wali Kota Palembang H Harnojoyo secara langsung menghadiri opening ceremony acara itu, yang digelar di Fairmont Hotel, Jakarta, Selasa (30/8/2022). 

Sejumlah pemimpin dari berbagai kota di belahan dunia, juga hadir pada acara yang berlangsung hingga 31 Agustus 2022 tersebut. 

Baca Lainnya :

Selain Wali Kota Palembang H Harnojoyo, delegasi yang hadir langsung itu, yakni Wakil Wali Kota Lima, Dewan Kota Quito, Wali Kota Jawa Barat, Wali Kota Banjarmasin, Wali Kota Balikpapan, Wali Kota Makassar, Wali Kota Medan, Wali Kota Padang. 

Hadir pula Wali Kota Palu, Wali Kota Surakarta, Pj Wali Kota Ambon, Pj Wali Kota Yogyakarta, Wakil Wali Kota Surabaya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kreatif Jambi. 

Juga dua delegasi kota pengamat yang hadir secara virtual yaitu Pemimpin Dewan Kota Glasgow dan Wali Kota Skopje. 

U20 Mayors Summit menjadi puncak dari forum kepemimpinan Jakarta pada U20 tahun ini.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ini akan memberi kesempatan bagi para pemimpin kota U20 untuk berkumpul, memperkuat kolaborasi dan menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah Indonesia pada G20 Leaders Summit yang akan berlangsung di Bali, pada tanggal 15-16 November 2022 mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam sambutannya, mengatakan, 

U20 Mayors Summit turut mengundang kepala daerah dan gubernur anggota G20 untuk bekerja sama dalam tiga bidang utama. 

Pertama, investasi kesehatan dan perumahan rakyat sebagai landasan pemulihan ekonomi dan sosial untuk semua. 

Kedua, mendorong transisi energi berkelanjutan dan akses yang adil untuk mobilitas berkelanjutan.

"Ketiga, memberikan edukasi dan pelatihan tentang masa depan pekerjaan demi proses pasar kerja yang merata untuk semua," ujar Anies. 

Ia menyatakan, pentingnya event seperti ini untuk saling tukar pikiran, ide, dan gagasan untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks dengan lebih baik. 

"Dengan semakin meng-kota-nya dunia ini, maka kota memiliki peran penting sebagai garda terdepan untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh warga kota," kata mantan menteri pendidikan ini. 

U20 Mayors Summit dihadiri 12 delegasi kota. Yaitu, Wali Kota Los Angeles, Rotterdam, Tshwane, Gubernur Tokyo, Mumbai (Komisaris dan Administrasi Kota, BMC), Sydney (Wakil Wali Kota), Berlin (Sekretaris Tetap Kewarganegaraan Aktif, Dukungan Demokrasi dan Hubungan Internasional)

Kemudian, São Paulo (Wakil Sekretaris Hubungan Internasional), 

Madrid (Wakil Direktur Hubungan Internasional), Moskow (Wakil Kepala Departemen Ekonomi Eksternal dan Hubungan Internasional), Buenos Aires (Manajer Hubungan Internasional), Istanbul (Kepala Hubungan Luar Negeri Departemen IMM).

Juga 10 delegasi kota yang hadir secara virtual yaitu Amsterdam (Sherpa), Istanbul (Wali Kota), Izmir (Sherpa), Johannesburg (Sherpa), Lisboa (Wali Kota), Milan (Wali Kota), Moskow (Sherpa), Kota New York (Komisaris untuk Kebijakan & Inisiatif Strategis), Osaka (Sherpa) Roma (Wali Kota). (*)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook