Mewujudkan Pemuda Generasi Islami

By Administrator 26 Jun 2022, 07:57:22 WIB Opini
Mewujudkan Pemuda Generasi Islami

Opini (Minggu, 26 Juni 2022) Mempersiapkan generasi yang berkualitas memang sudah diisyaratkan didalarn Al-Qur'an, terdapat dalam surat Al-Kahfi salah satu kisah yang terdapat di dalamnya adalah tentang sikap sekelompok pemuda yang istiqamah dalarn mempertahankan kebenaran.

Perhatian Islam yang besar terhadap generasi muda, menunjukkan bahwa masa muda merupakan masa yang sangat penting dan masa yang paling berharga, karenanya jangan lewatkan masa muda untuk hal-hal yang ternilai dihadapan Allah SWT.

Ada empat hal yang menjadi kriateria dari profil generasi muda yang islami yaitu:

Baca Lainnya :

1.    Memiliki akidah dan iman yang mantap

Memiliki akidah dan iman yang mantap, kehidupan yang kita jalani menjadi terarah dan itu pula sebabnya mengapa Rasullah SAW, melakukan pembinaan akidah terlebih dahulu kepada sahabat-sahabatnya meskipun beliau sebenaranya bertugas memperbaiki akhlak, karena dengan akidah atau iman yang baik, akhlak pun akan menjadi baik. Dalam satu hadits Rasullah SAW bersabda yang artinya; "Mukmin yang sempurna imanya, bagus akhlaknya." (HR Tirmidzi)

2.    Memiliki ilmu dan wawasan yang luas

Dengan ilmu dan wawasan yang positif, dengan ilmu yang berkaitan dengan masalah keagamaan maupun ilmu pengetahuan lainnya yang terkait dengan kehidupan di dunia ini, manusia menjadi tahu mana yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan.

3.    Memiliki keterampilan dalam berbagai hal untuk dimanfaatkan dalam kebaikan dan kebenaran

Kepada mereka yang memang terampil, Rasulullah SAW, sendiri tidak segan-segan memberi penghargaan dan amanah guna mengembangkan keterampilannya itu. Maka ketika Usamah bin Zaid telah menunjukkan keterampilannya yang luar biasa dalam berperang, beliau tidak segan-segan mengangkatnya menjadi panglima perang meskipun umurnya baru 17 tahun, sementara Mush'ab bin Umair yang terampil dalam dakwah, ditugaskan beliau untuk dakwah ke Yatsrib (Madinah)

4.    Memiliki tanggung jawab terhadap dakwah Islamiyah

Generasi Islam harus berwawasan yang luas, memiliki kemampuan dakwah yang baik, berani berkorban, menjalin hubungan baik dengan sesama muslim, ikhlas, dan tentu saja memiliki tanggun jawab sosial yang kuat dan berkualitas.

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook