Kejujuran

By Administrator 30 Okt 2022, 08:06:11 WIB Opini
Kejujuran

Opini (Minggu, 30 Oktober 2022) Nabi kita Muhammad SAW telah mengingatkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abu Hurairah ra dan hadits ini dinyatakan shahih oleh Syaikh Albani, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

مَنْ قَالَ لِصَبِيٍّ : تَعَالَ هَاكَ , ثُمَّ لَمْ يُعْطِهِ شَيْئًا فَهِيَ كِذْبَةٌ

Artinya: “Barangsiapa yang berkata kepada anak kecil, ‘kemarilah engkau akan aku beri sesuatu’ lalu ternyata dia tidak memberi apa-apa maka perbuatan tersebut dianggap sebuah kedustaan.”

Baca Lainnya :

Allah SWT dalam Alquran Surat Al Ahzab ayat 70 berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar."

 

Daud Rasyid dalam bukunya yang berjudul Islam dalam berbagai dimensi menyebutkan penjelasan sifat jujur dalam hadist yang berbunyi: “Jujur akan membawa kebaikan. Kebaikan adalah pangkal masuk surga. Orang yang bersifat jujur akan dicatat Allah sebagai orang yang jujur di sisi-Nya. Sebaliknya, dusta akan menjerumuskan orang pada kejahatan. Sedangkan kejahatan adalah pangkal masuk neraka. Orang yang berdusta akan dicatat Allah sebagai orang pendusta di sisi-Nya.” (HR. Bukhari Muslim)

 

Tidak ada sesuatu yang paling bermanfaat bagi seorang hamba dari kejujuran dia kepada Allah dalam seluruh perkara disertai dengan kejujuran niat dia. Sehingga jujurnya itu terlihat di dalam niat dan perbuatannya. Allah Ta’ala berfirman:

فَإِذَا عَزَمَ الْأَمْرُ فَلَوْ صَدَقُوا اللَّـهَ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ

Artinya: “Apabila ia betul-betul telah berniat suatu perkara, maka kalaulah mereka jujur kepada Allah, tentu itu lebih baik buat mereka.” (QS. Muhammad [47]: 21)

 

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook