Dua Syarat Agar Doa Terkabul Menurut Alquran

By Administrator 27 Jul 2022, 09:36:15 WIB Opini
Dua Syarat Agar Doa Terkabul Menurut Alquran

PALEMBANG, INFO REPUBLIK -- Doa berasal dari bahasa Arab, artinya menyeru. Beda bahasa diterjemahkan juga tidak bisa mewakili, ada makna yang tidak terserap dengan bahasa aslinya.

Kita menyeru Allah (berdoa) kepada Allah artinya kita ingin mendatangkan ke sini (yang kita inginkan). Membawa ke sini, menghadirkan. “Kalau ingin menghadirkan, harus ada nilai untuk dihadirkan. Misal ya rahman, kita hadirkan rahman itu (kasih sayang) dalam dada. Itulah inti dari doa,” kata KH Abdul Harris LC, penyuluh Agama di Kemenag  Lahat yabg juga fasilitator Qurani.

Dijelaskannya dalam Alquran Allah memberi syarat agar doa terkabul. Baca quran surat Al Baqoroh  ayat 186: yang artinya:

Baca Lainnya :

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. Shodakallahul aziim.

Syarat yang diperlukan:

1.  Memenuhi apa maunya Allah. Kita kerjakan

2. Beriman (yakin), insyaallah doa akan terkabul. Dijelaskan dalam Quran Surat 13 (Ar-ra’d ayat 18):  bagi orang yang memenuhi seruan Tuhannya. Bagi orang-orang yang memenuhi seruan Tuhannya, (disediakan) pembalasan yang baik.Dan orang-orang yang tidak memenuhi seruan Tuhan, sekiranya mereka mempunyai semua (kekayaan) yang ada di bumi dan (ditambah) sebanyak isi bumi itu lagi besertanya, niscaya mereka akan menebus dirinya dengan kekayaan itu. Orang-orang itu disediakan baginya hisab yang buruk dan tempat kediaman mereka ialah Jahanam dan itulah seburuk-buruk tempat kediamanya.

Bagi yang tidak mau mengikuti syarat Allah tadi, ada akibatnya. Baca Alquran Surat Ar” rad 13 ayat 14: Hanya bagi Allah-lah (hak mengabulkan) doa yang benar. Dan berhala-berhala yang mereka sembah selain Allah tidak dapat memperkenankan sesuatupun bagi mereka, melainkan seperti orang yang membukakan kedua telapak tangannya ke dalam air supaya sampai air ke mulutnya, padahal air itu tidak dapat sampai ke mulutnya. Dan doa (ibadat) orang-orang kafir itu, hanyalah sia-sia belaka. bila tidak, tidak akan dikabulkan”. Seperti mengambil dengan tangannya.

Maka.jelaslah, agar doa kitavterkabul, ikutilah aturan Allah. Yaitu melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Wallahualam bishhawab.(Sumber : Assajidin.com))




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook