Amalan dan Doa di Penghujung Ramadhan

By Administrator 01 Mei 2022, 07:18:35 WIB Opini
Amalan dan Doa di Penghujung Ramadhan

Opini (Minggu, 1 Mei 2022) Tidak terasa hari demi hari terus berlalu, tanpa disadari kita telah sampai di penghujung bulan Ramadhan 1443 Hijriah. Sebagai orang yang beriman tentunya kita merasa bersedih dan khawatir dengan kepergian bulan Ramadhan yaitu sedih karena akan berpisah dengan bulan yang penuh berkah kemudian khawatir karena kita tidak mengetahui apakah kita masih akan berjumpa dengan bulan Ramadhan berikutnya.

 

Baca Lainnya :

Pada penghujung Ramadhan ini hendaknya kita bermuhasabah diri dan menilai diri terhadap ibadah puasa yang telah dikerjakan. Apakah ibadah tersebut telah benar-benar sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT sehingga menjadikan diri kita menjadi hamba yang berhasil meraih derajat takwa dan kembali kepada fitrah yang suci.

 

Nabi Muhammad SAW menyambut penghujung bulan Ramadhan dengan harapan-harapan baik, dengan mengucapkan syukur dan pengharapan kepada Allah SWT untuk dapat berjumpa kembali dengan bulan penuh pengampunan pada tahun berikutnya.

 

Adapun amalan-amalan yang sebaiknya ditingkatkan dipenghujung ramadhan adalah:

Membayar Zakat Fitrah

Zakat Fitrah ditunaikan dengan mengeluarkan satu Sha’ (kurang lebih 3 kg) bahan makanan pokok, sebagai pembersih bagi orang yang melaksanakan ibadah puasa dan sebagai bahan makanan bagi orang-orang miskin.

 

I’tikaf

I’tikaf yang paling utama (yaitu) pada bulan Ramadhan beradasarkan hadits Abu Hurairah (bahwasanya) Rasulullah SAW sering beritikaf pada setiap Ramadhan selama sepuluh hari dan manakala tibanya tahun yang dimana beliau diwafatkan padanya, beliau (pun) beritikaf selama dua puluh hari.

 

Perbanyak Membaca Al-Qur’an

Memperbanyak membaca Al Quran atau yang biasa dikenal dengan tadarus Al Quran ini merupakan amalan sunnah yang baik dikerjakan saat bulan Ramadhan.

 

Kemudian do’a yang dianjurkan dipenghujung ramadhan sebagaimana Nabi Muhammad mengajarkan umat Islam menyikapi penutup Ramadhan dengan berdoa kepada Allah SWT. Doa Nabi Muhammad ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdillah yang artinya: “"Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi."

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook